5 Alasan Mengapa Check Up Finansial Itu Penting

5 Alasan Mengapa Check Up Finansial Itu Penting

5 Alasan Mengapa Check Up Finansial Itu Penting

Pay Day SHSG. – Pengecekan keuangan pribadi atau financial cek up? Atau jangan-jangan kamu sempat mengerjakannya? Bila iya, beruntunglah kamu lantaran tentunya kamu jenis orang yg begitu perduli dengan keadaan keuangan kamu.

Pengertian gampang dari financial cek up merupakan pengecekan keseluruhannya pada metode keuangan kamu. Dengan langkah barusan kamu dapat tahu apabila ada problem hingga langsung dapat diprediksi. Financial cek up ini dapat kamu dijalankan lewat cara periodik, baik tiap-tiap bulan, tiap-tiap enam bulan ataupun tiap-tiap tahun.

Yang biasa diperiksa adalah beberapa hal ini:

  1. Total aset
  2. Total hutang atau kewajiban,
  3. Total pendapatan dan pengeluaran,
  4. Total tabungan.

Biasanya hasil dari perhitungan tadi akan dinilai berdasarkan tiga rasio penting:

  • Saving Ratio yaitu tabungan yang kamu miliki, termasuk juga investasi, deposito dan lain-lain
  • Liquidity Ratio yaitu informasi dana yang dimiliki seandainya tidak lagi bekerja atau sudah pensiun
  • Debt Service Ratio yaitu penghasilan yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang

Simak Lima Alasan Kenapa Financial check up itu penting:

  • Bisa Menstabilkan Keuangan Pribadimu

Seperti sudah dijelaskan, financial cek up dapat menyehatkan keuangan pribadimu. Kamu dapat tahu situasi keuangan termasuk juga permasalahan yg muncul atau yang akan muncul. Penelusuran lewat cara teratur bakal jauhi kamu dari kemunduran serta peluang berhutang buat soal yg semestinya dapat kamu hindarkan. Renungkan kalaupun hal demikian tak dilaksanakan. Semestinya berapakah uang banyak yg keluar tiada dapat diakui.

  • Mengetahui Keluar Masuknya Keuangan¬†

Seringkali kamu mengeluh, kok uang dapat habis begitu saja. Meskipun sebenarnya baru beberapa hari gajian atau terima bonus. Atau, masih tengah bulan, waktu uang udah habis. Bahkan juga, barusan digunakan untk apa yaa uangku? Kok udah habis. Dengan kerjakan Financial cek up, hal semacam itu tak kan berlangsung, sebab ia dapat memberikannya info cukuplah bab informasi dana (kontan flow) yang berlangsung, hingga kamu tidak usah pusing. Terkecuali itu dengan memakai financial cek up, kamu dapat memotong pos-pos gak terpenting yang dapat dihemat.

  • Lebih Berhati-hati Menggunakan Uang

Kamu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan uang. Contohnya saat menggunakan financial cek up, kamu akan menemukannya jika pengeluaran kamu untuk ngopi dengan kawan-kawan sangatlah besar, walaupun sebenarnya jika disimpan, kamu dapat beli android keluaran terakhir. Atau, uang yang seringkali difungsikan untuk menonton di bioskop, kenyataanya dapat disimpan untuk beli sepatu baru. Nah setelah itu kamu akan lebih mawas diri serta batasi pekerjaan yang satu itu.

  • Mendukung Rencana Masa Depan

Financial Check Up penting karena bisa menunjukkan apakah kamu bisa merealiasikan beberapa rencana penting masa depan. Misalnya kamu berencana menikah dan mencari pinjaman, kamu bisa tahu pasti bagaimana membayar pinjaman tersebut.

Apa cuma itu saja? Tidak. Dalam kehidupan berkeluarga, Financial check up juga akan membantu kamu memastikan kalau cita-citamu membeli rumah sendiri akan tercapai. Dalam hal ini dia akan membantu kita untuk mengecek sektor mana yang uang nya bisa dialihkan untuk mengeluaran cicilan pembelian rumah.

  • Dapat Memprediksikan Keuangan Untuk Masa Depan

Yang namanya rejeki kan ditata oleh Yang Maha Kuasa. Kadang kamu mendapatkan pekerjaan dengan upah yang lumayan. Tapi bisa jadi kamu mendadak jobless sebab keadaan ekonomi Indonesia yang tidak konstan. Nah, financial cek up ini dapat menolong kamu meramalkan berapakah lama kamu dapat bertahan paska menganggur.

Tidak hanya perkiraan barusan, dari hasil financial cek up dapat juga tunjukkan apa kamu mesti mencari pekerjaan baru jika nyatanya penghasilan kamu lebih kecil dari pengeluaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *